Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Rabu, 03 Juni 2009

Wisata Kuliner

Kalau berjalan-jalan ke suatu tempat pasti kita tidak lupa mencoba makanan khas daerah yang kita kunjungi. Kota Jogja juga memiliki makanan dan minuman yang cukup unik dan tentu saja bercita rasa tinggi.

1. Gudeg Wijilan (Jl. Wijilan)

Jogja sangat identik dengan gudeg. Maka, tak heran jika banyak yang menyebut Jogja sebagai Kota Gudeg. Makanan berbahan dasar nangka muda ini memang mudah ditemui di setiap sudut kota Jogja, tapi ada sebuah daerah yang memang terkenal dengan gudegnya karena memang di kampung ini gudeg menjadi populer dan dikenal ke semua penjuru, kita bisa datang ke Jalan Wijilan, sebelah Timur Alun-alun Kota Jogja. Warung gudeg di Wijilan selalu ramai dikunjungi wisatawan mulai dari makan pagi hingga makan malam. Bahkan ada yang membawa gudeg untuk dijadikan oleh-oleh. Jangan khawatir gudeg akan basi karena gudeg kering bisa bertahan 3 hari. Gudeg ini dikemas di besek (kotak dari anyaman bambu) atau di kendil (guci kecil dari tanah liat). Warung-warung gudeg ini buka dari pukul 06.00-21.00. Selain itu, beberapa warung gudeg menyediakan layanan kursus cepat memasak gudeg yang enak. Pasti penasaran kan? Langsung saja ke Jalan Wijilan.
Gudeg telor Rp 6.000,00
Gudeg ayam Rp 8.000,00
Gudeg besek Rp 25.000,00-Rp40.000,00 (tergantung lauk-pauk)/besek
Gudeg kendil mulai Rp 50.000/kendil

2. Nasi Kucing

Nasi kucing bisa dijadikan alternatif makanan bagi yang mempunyai uang pas-pasan ketika singgah di Jogja. Pasalnya, harga nasi kucing ini cukup terjangkau. Hampir semua sudut di Kota Jogja menjual nasi yang dijual di warung akringan ini. Rasanya dan harganya pun relatif sama. Disebut nasi kucing karena nasi ini dibungkus dengan porsi yang sangat sedikit, seperti makanan kucing. Dalam satu bungkusan kecil nasi kucing dilengkapi dengan sambal teri atau oseng-oseng tempe, kemudian di bungkus dengan daun pisang. Sebagai tambahan dalam memakan nasi kucing adalah segala macam goreng-gorengan dan sate-satean, seperti sate usus, sate babat, sate telor puyuh, dan lain-lain. Jangan lupa ditemani segelas susu jahe hangat atau teh susu. Dijamin akan ketagihan.
Nasi kucing Rp 1.000,00
Goreng-gorengan Rp 500,00
Sate-satean Rp 1.000,00
Jeruk hangat Rp 1.000,00
Susu jahe Rp 2.000,00
Teh susu Rp 2.000,00

3. Oseng-oseng Mercon (Jl. K.H. Ahmad Dahlan)
Nama oseng-oseng mercon memang terdengar cukup unik. Jika mendengar kata mercon tentu kita teringat dengan petasan, sebuah benda yang bisa meledak. Ternyata nama oseng-oseng mercon ini dipakai karena ternyata makanan ini pedas sekali. Seolah-olah begitu kita memakannya pedasnya meledak di lidah. Oseng-oseng mercon adalah makanan yag terdiri dari tetelan (emak daging sapi) dan potongan daging sapi yang dicampur dengan cabe rawit dan bumbu-bumbu lainnya. Datang langsung saja ke sini karena kita akan merasakan sensasi rasa makanan yang berbeda karena biasanya makanan dari Jogja rasanya manis.

4. Kopi Joss
Kopi joss merupakan salah satu minuman yang cukup unik di Jogja. Yang membuat unik adalah arang yang masih membara yang dicampurkan ke dalam kopi panas. Kata Pak Man, penjualnya justru arang dimasukan ke dalam kopi membuat kopi benar-benar matang dan semakin nikmat. Aromanya pun menjadi unik karena ada percampuran antara bau kopi dengan bau arang. Bagi penggemar kopi, rasanya minuman ini layak dicoba. Untuk menemani minum kopi joss ada goreng-gorengan yang rasanya juga enak. Letak kopi joss pak Man ini di sebelah utara Stasiun Tugu Jogja Malam hari menikmati segelas kopi joss, ditemani goreng-gorengan, serta dihibur musisi jalanan, MANTAP!!
Kopi joss Rp 2.000,00
Goreng-gorengan Rp 500,00

14 komentar:

  1. hohoho oke lah, denger2 ada makanan khas juga nih di daerah pasar kembang ogja, yaitu "surabi tutung" cuma agak mahal yah sekitar 100 - 500 ribuan, ahahahaha

    BalasHapus
  2. OK..lumayan lengkap infonya..
    sebagai orang jogja,hampir semua yg diinfokan uda gw cobain..hehehe
    nambahin aja, di sekitar kampus UGM ada warung kopi (namanya lupa) di sana jual kopi+arak bali..enakk banget klo diminum mlm2 pas ujan..kisaran harga 7500perak..

    BalasHapus
  3. tampaknya yang kurang itu foto2 makanannya nihh...

    biar makin menggugah selera....:9

    BalasHapus
  4. kopi josss.. hmmmm....
    saya suka tuh!
    nice info

    BalasHapus
  5. ini semuanya emang tentang jogya ajah ya?

    tulisannya bagus.. nambah info kuliner.artikel yang lainnya juga cukup ngasi info yang bisa bikin kita tau kalo ke jogya harus ngapain aja..jadi ga perlu bingung lagi kalo menginjakan kaki ke jogya tempat apa yang akan kita kunjungin terlebih dahulu..

    keep goin x)

    BalasHapus
  6. info yang lengkap tentang yogya. tentang bandung nya ditunggu ya :D

    BalasHapus
  7. setiap kota pasti punya tempat asik buat dikunjungi. ditunggu kota-kota yang lainnya.. hihi

    BalasHapus
  8. mantap gan!!!
    nice inpo..
    lanjutkan...

    BalasHapus
  9. dasbidasbiduuu6 Juni 2009 22.36

    wah saya pling suka makan gudeg,
    susah bgt di bandung (tpt saya tinggal sekarang) nyri gudeg yg seenak d jogja,
    apalagi harganya di bdg bisa dibilang mahal dan rasanya ga sebanding dgn harganya,hhu..

    kalo ada yg jalan" ke jogja,
    bawain gudeg ya,
    hhe

    BalasHapus
  10. klo yang ini emang enak banget deh....

    BalasHapus
  11. coms himself8 Juni 2009 01.07

    baguuuusss...
    jadi pengen liburan ke jogjaaa..
    ehehehhe

    BalasHapus
  12. iya, iya, saya setuju gudeg bu lies di-post di sini. gudegnya maknyooossss! caur, bawain dong ke kosan ;p

    *vanyaa*

    BalasHapus
  13. angkringan soragan 45 jos gandos

    BalasHapus